TUGAS PROPOSAL USAHA
KEDAI KOPI CINTA
NAMA: NOVIA WIDYANTI
KELAS: 1EB02
NPM: 25215130
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan
Rahmat serta karunia-Nya kepada saya. Sehingga saya dapat menyelesaikan proposal usaha ini yang dengan
tepat pada waktunya. Yang dimana proposal usaha ini bernama βKedai Kopi Cintaβ
Proposal ini
berisikan tentang bagaimana cara kita untuk membuka suatu bidang usaha. Yang
dimana semua tentang cara β cara untuk menentukan lokasi sampai dari modal
usaha akan di bahas secara detail.
Diharapkan proposal ini dapat memberikan
informasi kepada kita semua tentang cara untuk membuka suatu usaha. Saya
menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik
dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi
kesempurnaan proposal ini.
Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak
yang telah berperan serta dalam penyusunan proposal ini dari awal sampai akhir.
Semoga Tuhan senantiasa melindungi kita
semua dari segala usaha kita. Amin.
Depok, 14 Oktober 2015
RENCANA BISNIS (Versi Draft)
KEDAI
KOPI CINTA
(Kedai Bar Kopi dan Espresso)
A.
RINGKASAN
EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMMARY)
Kedai
Kopi Cinta (KKC) adalah konsep kedai bar khusus kopi espresso yang dibuat dari bahan-bahan kopi asli dari berbagai
pelosok Indonesia terpilih dan beragam. KKC menawarkan pengalaman (experience) minum kopi dengan atmosfir
kedai bar untuk menikmati ritual minum kopi menjadi sesuatu yang menyenangkan.
Konsep ini dibuat berbeda dengan kedai kopi yang saat ini ada di Indonesia.
KKC
menawarkan pelanggannya ramuan espresso
berkualitas tinggi seperti caffe late,
caffe mocha dan machiato. Minuman
tersebut disajikan oleh para βBaristaβ terlatih dengan keahliannya. Para
Barista akan menyajikan minuman-minuman tersebut dengan mencampur espresso dengan susu murni, susu coklat
dan cita rasa lainnya atau whiped cream
dalam berbagai variasi tergantung tipe minuman yang dipesan. Sebagai pelengkap
menu kopi, KKC juga menyajikan bermacam-macam minuman teh, jus, macam-macam kue
dan muffin.
Elemen-elemen
utama yang ditawarkan dan membedakan antara KKC dengan kedai kopi pada umumnya
adalah:
1. Produk
yang berkualitas tinggi, dari biji-biji kopi pilihan, bahan-bahan asli dari
Indonesia.
2. Layanan
konsumen yang prima.
3. Metode
pemasaran yang unik.
4. Lokasi
gerai yang nyaman.
5. Desain
dan atmosfir gerai yang cozy dan
hangat.
Tahap
awal dari Rencana Bisnis ini adalah membuka gerai seluas 300m2.
- GAMBARAN USAHA
1. Konsep
Bisnis
Kedai Kopi Cinta (KKC) adalah
konsep kedai bar khusus espresso yang
didasarkan pada minunam kopi espresso
yang terpilih dari biji-biji kopi pilihan Indonesia dan beragam. KKC menawarkan
pengalaman minum kopi dengan menciptakan atmosfir untuk menikmati minuman kopi
khusus dan membuat acara minum kopi adalah tujuan setiap konsumen yang datang.
Konsep ini berbeda dengan kedai kopi yang saat ini ada di Indonesia.
Kedai ini akan pertama kali dibuka
di. Konsep kedai ini berbeda dengan kedai kopi yang umumnya tidak menyediakan
bar dan fokus hanya pada minuman kopi, dan serangkaian sajian ramuan lainnya
dengan basis espresso yaitu caffe latte, cafe mocha dan machiato.
Rencana jangka pendek perusahanaan
akan mendirikan gerai pertama seluas kurang dari atau sama dengan 300 m2
di kota Jakarta.
2. Produk
yang Ditawarkan
Kedai Kopi Cinta didirikan untuk
menyediakan kopi dengan kualitas tinggi. Penawaran ini akan menjadi jawaban
bagi kebutuhan konsumen akan kopi dengan kualitas tinggi. Menu diracik dengan
sentuhan profesional untuk memberikan cita rasa unik dan modern yang berbeda
dengan yang ditawarakan pesaing. Selain itu, juga ditawarkan jenis-jenis
kudapan berkualitas tinggi sebagai pelengkap.
Menu-menu yang ditawarkan oleh KKC
a. Menu
Kopi
KKC menawakan minuman espresso gaya Italia, baik yang
mengandung kafein maupun yang tidak, meliputi espresso, caffe latte, cappuccino, caffe mocha dan espresso macchiato dengan biji kopi
asal Indonesia (Takengan, Lampung, Toraja, Mandailing, Merapi, Bali). Menu ini
akan disajikan dengan kayu manis dari pegunungan dan rempah-rempah dari
Indonesia, susu murni, susu coklat, cita rasa lainnya, atau whiped cream dalam berbagai variasi
tergantung tipe minuman yang dipesan oleh pelanggan. Semua jenis espresso tersebut disajikan dalam bentuk
dingin.
Selain itu, pelanggan juga dapat
memesan cappucino shake dengan rasa
vanila, coklat, kayu manis dan pala untuk memperoleh menu yang lebih sehat.
b. Menu
Lainnya
Menu lain yang ditawarkan adalah:
1) Jenis
teh: variasi teh termasuk yang klasik, rasa eksotis, dan teh rasa buah.
2) Jus
buah segar: jeruk
3) Air
mineral
c. Kue
kopi dan kudapan
Kedai Kopi Cinta akan menawarkan
pula ragam kudapan dan kue dengan kualitas tinggi. Yaitu meliputi jenis kue
kopi, muffin dan kue krim keju. Untuk
menawarkan jenis makanan yang lebih sehat akan ditawarkan pula jenis kue muffin dan kue rendah kalori dan bebas
gula.
3. Harga
Harga yang ditawarkan oleh KKC
kompetitif dan tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan pesaingnya.
Berikut adalah daftar harga:
Β·
Cappucino Rp 18.500,-
Β·
Espresso Rp
17.000,-
Β·
Teh Rp
15.000,-
Β·
Jus Rp
16.000,-
Β·
Kue dan Snack Rp 8.000,- s/d Rp 10.000,-
Harga yang ditawarkan relatif
bersaing dibandingkan dengan pesaing. Selain itu perusahaan akan melatih para
Barista-nya untuk mengimplementasikan strategi βup-sellingβ dimana konsumen
didorong secara aktif untuk mencoba rasa kombinasi baru dan menambah volume
konsumsinya.
4. Desain
gerai
KKC akan dirancang dengan cozy dan hangat pada interior dan
perabotannya. Atmosfir kehangatan sangat diperhatikan untuk menambah daya tarik
gerai. Sejalan dengan kebutuhan masyarakat kota yang memiliki tingkat mobilitas
yang tinggi akan disediakan pula fasilitas wifi dan internet akses.
5. Lokasi
dan wilayah
Pada umumnya kedai kopi, gerai KKC
berlokasi di toko dekat perkantoran dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi
dan merupakan area komersial. Hal ini memberikan manfaat bagi konsumennya,
yaitu masih bekerja setelah atau sebelum menyeruput kopi. Selain itu kenyamanan
gerai menjadi nilai jual yang berbeda sehingga dapat menarik konsumen untuk
berkunjung.
C.
PEMASARAN
1.
Kondisi Pasar
Salah
satu ciri perilaku konsumen di Indonesia, khususnya masyarakat perkotaan adalah
suka berkumpul dengan teman, kerabat maupun rekan kerjanya (Majalah Marketing).
Tempat berkumpul umumnya adalah kafe, fitness
center, arisan dan lain sebagainya. Itu sebabnya fasilitas-fasilitas
seperti itu banyak didirikan sebagai tanggapan atas perilaku konsumen yang
demikian, Perilaku suka berkumpul merupakan ciri atau indikator bahwa
masyarakat Indonesia memiliki kehidupan sosial yang kuat.
Pergi
ke kafe telah menjadi tren bagi masyarakat perkotaan saat ini. Salah satunya
dipicu oleh perilaku konsumsi yang dimudahkan oleh fasilitas-fasilitas yang
disediakan oleh perbankan. Mulai tahun 2007 sampai saat ini, industri perbankan
melalui produk kartu kreditnya menjadikan program diskon (biasanya berkisar
30-50%) di berbagai kafe dan resto menjadi program andalannya. Inilah faktor
pemicu tingkat kunjungan konsumen ke kafe dan resto yang meningkat
tajam-khususnya pada akhir pekan.
2.
Calon Pelanggan
Pasar
sasaran KKC adalah pekerja kantoran, baik yang profesional maupun non
profesional, usia dewasa, dengan kelas sosial menengah ke atas. Gerai akan
berlokasi di tempat yang mudah dijangkau oleh kalangan pegawai kantoran
tersebut.
Perusahaan
berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga
diharapkan sekitar 75% pesanan melalui take
away.
3.
Strategi Pemasaran
Perusahaan
akan menerapkan strategi pemasaran dan persediaan barang dagangan yang agresif
yang dirancang untuk menciptakan dan mempertegas citra merek perusahaan.
Perusahaan akan menggunakan logo KKR secara ekstensif pada presentasi produknya
yang inovatif, kemasan dan selebaran. Sebagai tambahan, karyawan juga
menawarkan berbagai konsep pemasaran yang kreatif seperti sampel gratis dari
βmenu hari iniβ kartu keanggotaan, materi edukasi mengenai produk kopi termasuk
poster-poster dan T-shirt.
Implementasi
strategi pemasaran meliputi hal-hal berikut:
1) Memberikan
sampel gratis agar konsumen dapat mencoba βrasa hari iniβ.
2) Penawaran
kartu β2 for 1β yang hanya dapat digunakan pada hari-hari tertentu untuk
mendorong kunjungan berganda.
3) Materi-materi
edukasi (seperti poster dan selebaran) yang berkaitan dengan kualitas kopi,
manfaatnya dan petunjuk pemanfaatan bahan-baku terebut.
4) Layanan
proaktif karyawan: melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan
persiapan serta cara melayani konsumen dengan antusias.
5) Memberikan
jasa antar gratis pada wilayah perkantoran sekitar gerai.
6) Penempelan
logo, media luar runag dan lain sebagainya.
Bentuk
lain strategi merchandising adalah
tampilan cup take away yang atraktif.
Akan dirancang dengan bahan yang aman bagi lingkungan dan di desain dengan logo
perusahaan yang menarik.
D.
OPERASIONAL
Sebuah kedai kopi harus memiliki fasilitas-fasilitas
yang memenuhi standar persyaratan, yang diperlukan untuk menunjang
operasionalnya, antara lain : persyaratan fisik, manajemen operasional, dan
pelayanannya. Ketiga faktor tersebut merupakan komponen penting yang sangat
menentukan kualitas dan kelas daripada sebuah kedai kopi. Persyaratan fisik
merupakan faktor yang memiliki bobot yang cukup besar dalam menentukan kualitas
pelayanan sebuah kedai kopi dibandingkan dengan komponen lainnya.
Persyaratan
fisik KKR secara umum dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu :
- fisik umum dan
- fisik ruang, perlengkapan dan peralatan.
Persyaratan fisik umum berbentuk, seperti : gerai,
pencegahan bahaya kebakaran, pembuangan air limbah, sampah dan lain-lainnya.
Sedangkan fisik ruang, perlengkapan dan peralatan dapat berbentuk, seperti :
dapur, ruang makan, gudang, toilet, ruang administrasi dan ruang karyawan. Dari
kedua komponen fisik restoran tersebut, komponen fisik ruang, perlengkapan dan
peralatan memiliki peranan lebih vital dibandingkan komponen fisik umum,
khususnya : dapur dan toilet. Selain dapur dan toilet. komponen fisik ruang,
perlengkapan dan peralatan yang memiliki peranan cukup penting adalah ruang
makan, gudang dan ruang karyawan.
Komponen yang sangat penting dalam persyaratan fisik
umum adalah komponen ruang, yang meliputi : pembagian ruang, pengaturan ruang
dan dekorasi ruang. Sedangkan komponen lainnya yang cukup penting dalam
persyaratan fisik umum adalah lokasi dan lingkungan, yang meliputi : keberadaan
KKR dan lingkungan luarnya (kebisingan, bau, debu, asap dam serangga atau
binatang pengganggu lainnya). Utilitas (air, listrik, emergency lamp dan tata udara juga merupakan komponen vital lainnya
dalam persyaratan fisik umum tersebut, demikian juga dengan pencegahan bahaya
kebakaran.
Sementara itu faktor penting yang diperlukan dalam
menunjang operasional KKR, antara lain: struktur organisasi, standar
pelaksanaan operasional, kesehatan lingkungan dan lain-lainnya. Sedangkan
persyaratan pelayanan yang diperlukan untuk menunjang operasional KKR adalah
penjualan dan penyajian makanan, ketrampilan βbartistaβ, penyajian hiburan,
keamanan dan lain-lainnya. Masing-masing komponen tersebut, baik : fisik,
operasional maupun pelayanan akan sangat menentukan kualitas KKR dan sekaligus
akan menentukan mutu pelayanan sebuah kedai kopi.
E.
MANAJEMEN
Untuk menerapkan
layanan yang positif dan proaktif maka pegawai memiliki peranan yang penting
dalam hal ini. Oleh karenanya perusahaan menetapkan pegawai yang direkrut
adalah orang yang berpenampilan menarik dan gembira, sekatan, motivasi tinggi
dan yang memiliki komitmen untuk melayani konsumen. Perusahaan juga memberikan
perhatian pada pelatihan, pengembangan diri karyawan dan kompensasi bagi hasil
bagi karyawannya agar dapat memberikan layanan yang prima.
F.
KEUANGAN
Modal investasi
yang diperlukan, secara ringkas adalah sebagai berikut:
Biaya
sewa gerai (untuk 1 tahun sewa) Rp
12.000.000,-
Biaya
rancang interior Rp 8.000.000,-
Pengadaan
mebelair Rp
15.000.000,-
Peralatan Rp
10.000.000,-
Lain-lain Rp 5.000.000,-
Total Rp
50.000.000,-
Modal kerja yang
dibutuhkan untuk operasional selama satu (1) bulan dengan rata-rata melayani
1.500 orang (50 orang perhari) dalam 3 bulan pertama:
Kebutuhan Modal Kerja
|
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Total
|
Pembelian Bahan Baku
|
120
|
100
|
12.000
|
Pembelian Bahan Pembantu
|
50
|
35
|
1.750
|
Gaji Karyawan
|
5
|
1.500
|
7.500
|
Gaji Pimpinan
|
1
|
3.000
|
3.000
|
Gaji Staf Administrasi dan Umum
|
1
|
1.500
|
1.500
|
Biaya Pemeliharaan
|
1
|
2.500
|
2.500
|
Biaya Pemasaran
|
1
|
5.000
|
5.000
|
Alat Tulis Kantor
|
1
|
1.000
|
1.000
|
Listrik, Air, Telepon
|
1
|
7.000
|
7.000
|
Biaya Administrasi Lain-Lain
|
1
|
3.000
|
3.000
|
Total
|
|
|
44.250
|
(dalam ribuan)
Target
Pendapatan tiap bulan (3 bulan pertama) dengan rata-rata pengunjung 50 orang
perhari atau 1500 pengunjung dengan rata-rata konsumsi Rp 30.000,-/orang,
pembelian kopi dan variannya, adalah sebesar:
Rp. 30.000,- x
1.500 = Rp 45.000.000,-
G.
PENUTUPAN
Demikianlah proposal bisnis ini kami buat.
Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak
lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan
Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula
kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam
pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha roti bakar ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha roti bakar ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.
Komentar
Posting Komentar